Jenis-jenis Burung Kacer Dan Cara Membedakan Jantan Betina

Posted by

berkicaumerdu.blogspot.com - Halo para pecinta burung kicau mania, sekarang saya akan membahas tentang jenis burung Kacer. kacer ialah burung kicau yang memiliki sifat type burung petarung, oleh karena itu burung tersebut memiliki kicauan yang sangat merdu sekali dengan gaya jawara yang sangat mempesona. Salah satu ciri khas nya adalah gaya mabok(teler) yaitu kepala keatas sedangkan sayapnya jatuh kebawah dan ekornya terbuka lebar sambil berkicau merdu dengan sangat keras. Gaya yang demikian banyak sebagian orang menyebutnya gaya stevie wonder dan ada juga yang menyebutnya gaya ngobra(kobra).

Akan tetapi ada juga burung kacer juara yang mempunyai ciri khas yang sedikit berbeda, disebabkan karena birahi dan mentalnya yang agak kurang bagus. gaya ini biasanya para kicau mania menyebutnya dengan gaya mbagong, mbalon atau nguda laut(kuda laut).

Kacer Poci, Kacer Semi, Kacer Hitam

Di negara indonesia burung ini dibagi menjadi 2 jenis yakni kacer hitam atau biasa disebut dengan burung kacer lokal atau kacer jawa dan yang satunya yakni kacer poci atau kacer sekoci. Namun belakangan ini banyak ditemukan di jawa timur yaitu kacer semi yang biasa disebut dengan kacer tretes.

Kacer hitam copsychus sechellarum jenis ini mempunyai ciri-ciri seluruh warna bulu hitam dan mempunyai garis putih di bagian sayapnya. Untuk kacer poci dengan nama latin Copsychus saularis memiliki warna sama seperti burung kacer hitam akan tetapi warna bagian perut hingga dada mempunyai warna putih sedangkan kacer semi memiliki warna sama layaknya kacer hitam akan tetapi pada bagian perutnya mempunyai warna putih bintik-bintik.
Cara membedakan kacer jantan dan betina, anakan trotolan

Cara Membedakan Kacer Trotolan(anakan) Jantan Dan Betina :

  • Paruh kacer jantan pada bagian bawah berwarna hitam, sedangkan betina berwarna putih abu-abu
  • Kepala kacer jantan berbentuk persegi dan datar, sedangkan betina agak bulat
  • Tubuh kacer jantan lebih panjang dan berdiri tegap, sedangkan betina tubuhnya gemuk dan berdiri kurang tegap
  • Bulu kacer jantan pada sayap dan punggung warnanya lebih hitam legam dan mengkilat sedangkan betina agak coklat abu-abu(kusam)

Blog, Updated at: 08.50