Macam-Macam Burung Murai Batu Di Indonesia

Posted by

berkicaumerdu.blogspot.com - Burung MB atau murai batu dengan nama latin yaitu Copychus Malabaricus (White Rumped Shama) adalah burung yang mempunyai tipe petarung atau figther. Burung ini juga memiliki pamor yang semakin meningkat karena ekornya yang panjang dan mempunyai kicau sangat merdu dan bervariasi. Untuk itu burung tersebut adalah burung ter-favorite bagi pecinta burung kicau mania.

Harga pasaran burung murai batu ini juga sangat tinggi. murai batu memiliki karakteristik yang bermacam-macam sesuai daerahnya masing-masing. Namun meski berbeda karakter, burung ini mempunyai fisik dan bulu yang bisa dikatakan sama. maka dari itu burung ini memiliki banyak kontroversial dalam hal membedakan dari daerah mana asal burung tersebut. lantaran burung ini memiliki selisih harga yang lumayan tinggi disetiap daerah masing-masing, dan tidak sedikit bagi pedagang burung dipasaran yang memanfaatkan dalam kecurangan ini.

Jenis Burung Murai Batu Di Indonesia

1. Murai Batu Medan
Burung MB medan ini mempunyai ciri-ciri yaitu ekor yang sangat panjang mencapai 26-30 cm. Daerah terdapat burung ini di sekitar bukit lawang, gunung leuser, bahorok didaerah sumatera utara. Burung ini termasuk jenis burung murai batu paling unggul karena postur yang ideal, ekor panjang, kicau suara yang bervariasi mempunyai lantunan panjang serta keras dan mempunyai gaya tarung yang menakjubkan dengan memainkan ekor panjangnya atau dikenal dengan sebutan ngeplay.

2. Murai Batu Aceh
Ekor MB aceh ini memiliki panjang sekitar 24-30, Daerah burung ini disekitar lampuyang, sabang, gunung leuser dan sekitarnya. untuk postur, karakter dan gaya tarung tidak jauh beda dengan murai batu medan, lantaran tempat penyebaran burung ini berdekatan dengan medan.





3. Murai Batu Nias
Burung MB nias ini mempunyai ekor yang bervariasi ada yang pendek dan juga ada yang panjang sekitar 16-25 cm. Burung ini biasa disebut dengan blacktail lantaran ekornya yang mempunyai corak warna hitam polos akan tetapi ada pula yang mempunyai warna putih tipis di ekor bagian ujungnya. banyak para kicau mania menyebut burung ini dengan sebutan yaitu "balak". keunggulan burung ini sama halnya seperti murai batu aceh.

4. Murai Batu Jambi
Panjang ekor MB jambi sekitar 16-24cm. wilayah burung ini terdapat didaerah sumatera barat yakni jambi,bengkulu dan sekitarnya. Untuk kemampuan burung ini tidak jauh beda dengan murai batu medan.






5. Murai Batu Lampung
Panjang ekor burung MB lampung ini 14-20cm, penyebaran wilayah burung ini terdapat di daerah gunung krakatau. kemampuan ridak jauh beda dengan murai batu jambi akan tetapi ekornya lebih pendek dan memiliki postur tubuh lebih kecil.

6. Murai Batu Banjar
MB banjar ini terdapat di wilayah kalimantan selatan dan kalimantan timur dengan panjang ekor 10-12cm. Meskipun ekornya pendek namun postur tubuhnya sangat besar dibandingkan dengan murai batu lain. Murai ini mempunyai kicauan yang cukup keras dan lantang akan tetapi diulang-ulang, istilah jawanya yaitu "ngeban" dan nafasnya juga tak sebagus murai sumatera. gaya fighter tarungnya adalah gembung seperti bola.


7. Murai Batu Palangka
Penyebaran burung MB palangka yaitu diwilayah kalimantan tengah dan kalimantan barat. burung ini mempunyai ekor yang panjangnya sekitar 14-18cm. Ciri-ciri burung ini mempunyai ekor yang mekar atau melebar. gaya tarungnya burung murai palangkaraya yaitu semi atau gembung tapi tidak segembung murai banjar.

8. Murai Batu Mahkota
MB mahkota ini memiliki panjang ekor sekitar 10-12 centimeter dengan penyebaran didaerah kalimantan barat dan serawak. Burung ini hampir sama dengan banjar akan tetapi mempunyai ciri khas yang berbeda yakni mempunyai warna putih di kepala nya. untuk itu burung ini dijuluki dengan sebutan murai batu mahkota.




9. Murai Batu Jawa (Larwo)
Murai yang terdapat di jawa tengah, jawa barat dan jawa timur dengan ekor panjang sekitar 8-10 cm. ukuran tubuhnya sangat mungil dan lebih kecil daripada burung murai lainnya. keberadaan burung MB jawa sudah sangat jarang sekali ditemukan dan bisa dikatakan hampir punah.

Blog, Updated at: 03.15